Italia Meraih Tempat Ketiga Setelah Menundukkan Uruguay 2-3 Melalui Drama Adu Penalti


Italia vs UruguayItalia mengklaim tempat ketiga di Piala Konfederasi FIFA dengan kemenangan adu penalti melawan Uruguay di Arena Fonte Nova, Minggu. Italia unggul lebih dulu melalui Davide Astori pada pertengahan babak pertama sebelum Edinson Cavani menyamakan kedudukan tak lama setelah istirahat. Dua tendangan bebas yang indah tercipta dibabak kedua, pertama dari Alessandro Diamanti dan kemudian Cavani, yang memastikan  pertandingan harus diakhiri dengan drama adu penalti, dengan Gianluigi Buffon menyelamatkan tiga tendangan penalti pemain uruguay untuk membantu Italia meraih tempat ketiga.

Italia tidak memainkan Andrea Pirlo dan Andrea Barzagli karena absen cedera, sementara Stephan El Shaaraway dan Diamanti dipilih untuk bergabung dengan Alberto Gilardino di lini depan. Uruguay masih mengandalkan trio penyerang tangguh mereka Luis Suarez, Diego Forlan dan Cavani ketika untuk memecah pertahanan Italia yang telah meredam serangan Spanyol dalam pertandingan semi final.

Jalannya Pertandingan

Tim asuhan Cesare Prandelli membuat awal yang bagus dengan menguasai  permainan, dengan Antonio Candreva mendapatkan dua peluang bagus di awal. Finalis Euro 2012 itu kemudian memimpin di menit 23 setelah tendangan bebas Diamanti membentur mistar gawang dan memantul mengenai tubuh Fernando Muslera dan masuk ke gawang Uruguay.Uruguay langsung bangkit, Suarez menembak bola ke arah gawang empat menit kemudian namun ditepis Buffon, dan Cavani menguasai bola dan menjaringkannya, namun golnya dianulir karena offside.

Meskipun mendapat tekanan, pertahanan Italia berdiri kokoh untuk memastikan bahwa mereka pertahanan mereka terjaga. Diamanti lagi terbukti efektif untuk Italia setelah pada menit ke 73, ia melakukan tendangan bebas indah yang melewati Muslera dan penjaga gawang tersebut tak berdaya. Napoli tidak mau kalah, tendangan bebas Cavani mempunyai kualitas yang sama dengan Diamanti akhirnya menyamai kedudukan menjadi 2-2. Italia kembali mendapat tendangan bebas di menit 91 tetapi tendangan Candreva mengecewakan dan melayang lebar, dan memastikan kedua tim harus menjalani pertandingan dengan perpanjangan waktu 30 menit.Italia menikmati dalam penguasaan bola pada babak pertama perpanjangan waktu berlangsung, dengan kedua belah pihak tampak lelah karena mereka berjuang untuk mendapatkan peluang meraih tempat ketiga.

Di babak kedua perpanjangan waktu Italia harus kehilangan gelandang Riccardo Montolivo karena kartu kuning kedua. Setelah calon kapten AC Milan itu keluar dari pertandingan dan Uruguay mulai memanfaatkan kekurangan pemain Italia dengan serangan bertubi-tubi, namun kokohnya pertahanan Italia membuat kedua tim harus menjalani drama adu penalti.

Forlan mengambil kesempatan menjadi penendang yang pertama namun masih bisa di gagalkan oleh Buffon, kemudian Alberto Aquilani membuat Italia unggul. Cavani berhasil menipu Buffon dan menjadi pemain Uruguay pertama yang berhasil dalam adu penalti ini namun El Shaaraway membuat Muslera salah membaca arah bola untuk menjaga Italia tetap unggul 1-2.

Suarez  berhasil mengeksekusi tendangan penalti , sedangkan Mattia De Sciglio satu-satunya pemain Italia yang gagal menjalankan tugasnya. Martin Caceres ‘diselamatkan oleh Buffon sebelum Emanuele Giaccherini mencetak gol, dan akhirnya Buffon kembali menjadi penyelamat setelah tendangan Gargano berhasil ia tangkap.

Akhirnya Italia memenangkan pertandingan melalui drama adu penalti yang berakhir dengan skor 2-3 dan memastikan Italia mengambil tempat ketiga pada piala konfederasi 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s